SELAMAT DATANG

Dapatkan Katalog dan Price List 2011 di Fans Page FB : Genteng Karang Pilang
Follow our Twitter @Karang_Pilang

Senin, 18 April 2011

PENGERTIAN BAJA RINGAN

Teknologi #bajaringan atau #bajaHi-TenG550, mnrt Ensiklopedia Encharta sudah ditemukan sejak 1950-an & digunakan untuk konstruksi bangunan. #rangkaatap
#bajaringan atau #bajaHi-TenG550 adalah baja berkualitas tinggi yg bersifat ringan & tipis dimana khusus untuk produk struktural seperti #rangkaatap haruslah dgn tegangan tarik tinggi (G-550).
Sdgkn utk berbagai produk home appliances diperlukan #bajaringan dgn tegangan tarik lebih rendah (G300, G250, dll) yg lebih lentur & lunak sehingga lebih mudah dibentuk.

#bajaHi-TenG550 bisa diartikan sebagai baja yg mempunyai derajat kekuatan tarik 550 MPa (Mega Pascal). Uji kualitas #bajaHi-TenG550 hanya dapat dibuktikan di laboratorium.
Karena tingkat kualitas & kuat tariknya tinggi, tak heran jika #bajaHi-TenG550 lebih tipis & ringan dibandingkan baja konvensional.
Sistem kerja rangkaian #bajaHiTenG550 ini menggunakan analisa teori Newton tentang gerak statika tarik & tekan.

Elemen Profil baja ringan :
1.       kuda-kuda atau rangka utama, profil baja ringan ini biasanya berbentuk "C" & memiliki ukuran yg lebih besar. Untuk mendapatkan kuda-kuda yg kokoh,cermati lebar bentangan & besar beban yg akan diterima,demikian pula dgn derajat kemiringan atap. Ketebalan material baja ringan untuk kuda-kuda & web berkisar 0,65-1,05 mm TCT (Thickness after Coated). Perhitungan kuda-kuda baja ringan amat berbeda dgn kayu,yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yg harus dipikul,jarak kuda-kuda semakin pendek. Misalnya,untuk genteng dgn bobot 75 kg/m2, maka jarak kuda-kuda menjadi 1,2 m. Perhitungan ini pun masih dipengarahui banyak faktor.
2.      Se&gkan reng ialah pengikat kuda- kuda yg posisinya melintang di atas kuda-kuda, serta mengikat kuda-kuda tersebut hingga membentuk suatu kerangka yg kokoh. Lempengan reng adalah profil yg paling kecil bentuk & ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng atau jenis atap lainnya & sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi & lebih "mencengkeram". Ketebalan material reng berkisar antara 0,4 – 0.5 mm BMT (Base Metal Thickness).
3.      Asesoris tambahan seperti : talang jurai dalam, dudukan listplank, & flashing

Lapisan tahan karat :
Material baja harus dilapisi perlindungan terhadap serangan korosi, dua jenis lapisan tahan karat (coating):
Galvanized (Z220)
Pelapisan Galvanized
Jenis Hot-dipped continuous
Kelas Z22 ketebalan pelapisan 220 gr/m2
komposisi 95% zinc, 5% bahan campuran

Galvalume (AZ100)
Pelapisan Zinc-Aluminium
Jenis Hot-dipped-allumunium-zinc  
Kelas AZ100 katebalan pelapisan 100 gr/m2
komposisi 55% alumunium, 43,5% zinc & 1,5% silicon.

Koneksi Rangka Kuda -kuda #bajaHiTenG550 di Tumpuan :

Pada dasarnya rangka kuda-kuda #bajaHiTenG550 harusnya bertumpu langsung pada balok sehingga beban dari struktur atap rumah atau genteng langsung di pikul oleh balok .
Akan tetapi karena kondisi yg terjadi di lapangan pemasangan rangka kuda-kuda #bajaHiTenG550 untuk terhubung dgn balok memerlukan koneksi .
Beberapa cara dilakukan oleh fabrikator #bajaHiTenG550 untuk menghubungkan rangka kuda-kuda baja ringan ini dgn balok melalui antara lain sebagai berikut :
1. Sambungan rangka kuda-kuda dgn L braket . Penyambungan rangka kuda-kuda #bajaHiTenG550 dihubungkan dgn screw. Sedangkan L braket terhubung ke balok memakai dinabolt . Mengenai jumlah screw tergantung dari pembebanan yg dihitung & hasil dari perhitungan dari engineer.
2. Penyambungan dgn siku dibentuk dari #bajaHiTenG550 yg dibentuk menyerupai L braket . Prinsip penghubung ini sama dgn L braket . Akan tetapi dgn menggunakan bahan ini apabila memakai bahan yg tdk terpakai dari sisa-sisa truss maka bahan dapat lebih murah / hemat .
3. Koneksi berbentuk huruf U atau V. koneksi ini dipakai pada pemasangan rangka kuda-kuda #bajaHiTenG550 yg berbentuk setengah kuda-kuda atau yg menempel pada dinding vertical. Kuda-kuda #bajaHiTenG550 di klem dgn koneksi ini kemudian di dinabolt ke dinding
Pemasangan L braket ini biasanya dilakukan waterpass terlebih dahulu agar pemasangan #bajaHiTenG550 benar-benar flat & baik .

self drilling screw
Untuk sambungan pada baja konvensional atau baja berat dipakai sambungan las & sambungan mur baut . Untuk #bajaHiTenG550 sambungan antara truss satu dgn truss lain di pakai self drilling screw (SDS) .
Pemakaian screw ini disarankan sekali pakai saja sebab apabila dipakai berulang-ulang maka drat dari SDS kemungkinan sudah rusak . Screw ini bila dipakai berulang-ulang ketajaman dari mata screw sudah berkurang .
Perkuatan pada sambungan ini sangat penting sebab pada sambungan inilah kekuatan dari struktur atap #bajaHiTenG550. Apabila ada screw pada sambungan yg kendor maka kekuatan sambungan jadi berkurang .

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memasang screw (SDS) #bajaHiTenG550:
1.      jangan sampai berputarnya mata bor pada waktu memasang screw terlalu banyak sebab hal ini bisa membuat screw #bajaHiTenG550 jadi kendor .
2.      jumlah baut pada sambungan tdk boleh kurang dari 2 buah atau ditentukan oleh desain engineer struktur #bajaHiTenG550  & dipengaruhi juga gaya batang dari truss baja ringan tersebut atau beban yg berada diatas kuda-kuda dari rangkaian atap baja ringan tersebut.

Baut Rangka #bajaHiTenG550 yg bagus:
1. mempunyai Lapisan Coating Aluminium.
2. Baja bermutu
3. Daya kunci baut tersebut
4. Dilengkapi dgn karet EPDM untuk membantu penguncian & proteksi terhadap korosi di area lubang baut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar